Pengertian dan Manfaat pendidikan
Pengertian
Filsafat Pendidikan
Filsafat dan pendidikan
sebenarnya adalah dua istilah yang mempunyai makna sendiri. Akan
tetapi ketika digabungkan akan menjadi sebuah tema yang baru dan khusus.
Filsafat pendidikan tidak dapat dipisahkan dari ilmu filsafat secara umum.
Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji.
Ada banyak definisi mengenai filsafat pendidikan tapi akhirnya semua mengatakan
dan mengajukan soal kaidah-kaidah berpikir filsafat dalam rangka menyelesaikan
permasalahan pendidikan. Upaya ini kemudian menghasilan teori dan metode
pendidikan untuk menentukan gerak semua aktivitas pendidikan.
Manfaat
Filsafat Pendidikan
Pendidikan dapat dibedakan
menjadi dua wilayah yaitu humanisme dan akademik. Sisi humanisme mengembangkan manusia dari
segi ketrampilan dan praktik hidup. Sementara aspek akademik menekankan nilai
kognitif dan ilmu murni. Keduanya merupakan aspek penting yang sebenarnya tidak
dapat dipisahkan. Filsafat pendidikan berperan untuk terus menganalisa dan
mengkritisi aspek akademik dan humanis demi sebuah pendidikan yang utuh dan
seimbang. Filsafat pendidikan akan terus melakukan peninjauan terhadap proses
pendidikan demi perkembangan pendidikan yang mencetak manusia handal.
Objek Kajian Filsafat Pendidikan
Realitas-realitas
pendidikan yang menjadi objek kajian filsafat pendidikan antara lain:
- Hakikat manusia ideal sebagai acuan pokok bagi pengembangan dan
penyempunaan.
- Pendidikan dan nilai-nilai yang dianut sebagai suatu landasan
berpikir dan memengaruhi tatanan hidup suatu masyarakat.
- Tujuan pendidikan sebagai arah pengembangan model pendidikan.
- Relasi antara pendidik dan peserta didik sebagai subjek dan subjek.
- Pemamahaman dan pelaksanaan kurikulum dalam pendidikan.
- Metode dan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi
peserta didik.
- Hubungan antara lembaga pendidikan dengan tatanan masyarakat dan
organisasi serta situasi sosial sekitar.
- Nilai dan pengetahuan sebagai aspek penting dalam pengajaran.
- Kaitan antara pendidikan dengan kelas sosial dan kenaikan taraf hidup
masyarakat.
- Aliran-aliran filsafat yang dapat memberikan solusi atas masalah
pendidikan.
Pada dasarnya filsafat
pendidikan membicarakan tiga masalah pokok. Pertama, apakah sebenarnya
pendidikan itu. Kedua, apakah tujuan pendidikan yang sejati. Ketiga,
dengan metode atau cara apakah tujuan pendidikan dapat tercapai.
DAFTAR PUSTAKA
Koento Wibisono.1997. Dasar-Dasar
Filsafat. Jakarta : Universitas Terbuka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar